Selasa, 28 Desember 2010

CATATAN PANJANG DARI HIDUP YANG PANJANG IV

Untuk memenuhi catatan panjang dari hidup yang pendek manusia ingin berubah, dari tidak bsa duduk ,makan sendiri sampai berlari. mengejar apapun yang ingin dikejar meski yang dikejar tidak pernah lari dan tetap tidak terkejar. Mencoba berubah itu yang selalu dilakukan manusia dimanapun berada, perubahan adalah proses alamiah, semua makhluk hidup pasti mengalami perubahan. Manusia dari tidak ada menjadi ada, lalu kembali tidak ada, begitupun dengan makhluk hidup yang lain. Setiap yang bernyawa pasti akan mati, itu sudah menjadi Sunatullah atau hukum alam kehidupan.



Seorang manusia dilahirkan dari rahim Ibunya dengan keadaan telanjang dan menangis ketika jasadnya hadir di dunia. Dalam ketidak tahuan sang bayi hanya bisa menangis dan bernafas, setelah sekian tahun alam ikut membimbingnya dan menjadi manusia seutuhnya. Proses perubahan dari hanya menangis sampai mampu berfikir, mutlak dibutuhkan setiap mkhluk hidup. Dari tidak tahu menjadi tahu, dari bayi menjadi remaja dan tua, begitupun tumbuhan, dari tunas atau biji menjadi batang, daun dan sampai menjadi pohon yang rindang dan berbuah. Setiap manusia yang berfikir pasti menginginkan perubahan dalam hidupnya.



Banyak keinginan manusia, sebab Tuhan telah memberinya akal untuk berfikir, untuk merubah dirinya, dari bodoh menjadi pandai, dari tidak baik menjadi baik dan berbagai macam keinginan di setiap kepala manusia. Perjalanan hidup manusia tidak lepas dari jenisnya atau lebih di kenal dengan lingkungannya, tidak ada dalam sejarah manusia yang mampu bertahan hidup seorang diri. Berinteraksi dengan orang lain adalah suatu keharusan untuk mencapai tujuan dan harapan yang ada dalam Fikirannya.



Dalam setiap lingkungan manusia Tuhan akan memberi sosok manusia yang di beri keistimewaan tersendiri, baik dalam kepandaian atau yang lainnya. Salah satu tujuannya agar pesan dari Tuhan tersampaikan kepada manusia yang lain, supaya hidup manusia lebih baik. Setiap ada sekumpulan manusia pasti akan lahir manusia yang lebih baik dalam fisik maupun fikirannya melebihi yang lain, dari situlah pesan Tuhan akan tersampaikan dan di dengar oleh orang banyak, kata dan perbuatannya akan diikuti oleh yang lain. Banyak sebutan untuk orang-orang istimewa dimuka bumi ini, Nabi, Rasul, Dewa, Presiden dan lain sebagainya. Berawal dari beberapa orang dengan satu pemikiran yang sama, maka akan lahir sebuah komunitas atau perkumpulan bahkan Negara. Fenomena semacam itu telah ada sejak manusia pertama hadir di bumi ini, meskipun sejarah tidak mencatat seluruhnya. Catatan panjang hidup seseorang berbeda satu dengan yang lainnya. catatlah sejarah dirimu sendiri apabila itu memang perlu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar