Jumat, 24 Desember 2010

CATATAN PANJANG DARI HIDUP YANG PENDEK

Tidak hanya tulisan dari alat tulis di kertas atau di media apapun, tetapi lebih dari itu. Tulisan yang di ciptakan atau dilakukan oleh tangan, kaki, hati dan otak manusia. Keberadaan manusia sependek apapun adalah panjang, dan sepanjang apapun umur adalah pendek. perjalanan hidup manusia tidak sama karena semua telah tergariskan, usia, nasib dan apapun yang menimpanya adalah kehendak yang maha hidup, meski ada sedikit peran dari manusia itu sendiri. Tulisan panjang dari hidup yang pendek hanya sebuah istilah dalam menjalani kehidupan. Tidak ada yang panjang ataupun pendek yang mutlak bagi manusia, tergantung situasi dan kondisi pendek dan panjang akan di ucapkan oleh mulut lalu direnungkan sendiri dan orang lain.



Tulisan panjang adalah sepanjang perjalanan hidup itu sendiri, tangan, kaki dan anggota tubuh kita menuliskannya di alam diatas bumi, lalu ditulis dalam arsip yang ghaib oleh para Malaikat yang kelak akan di pertunjukkan saat kita ada di akhirat. Mungkin seperti di kehidupan dunia, ada tulisan yang baik, indah, dan ada juga tulisan yang buruk, dan bahkan menjengkelkan. Antara sadar dan tidak sadar tulisan tulisan itu terus mengalir selama nafas masih berhembus. Tidak ada tulisan yang luput dari penulis kepercayaan Tuhan, sekecil apapun itu pasti tertulis, dan pasti tidak ada seorangpun yang menulis selengkap itu.



Hidup manusia mengarungi malam setiap saat yang tidak pernah tahu kapan berakhir. Hari ini atau besok, minggu depan atau tahun depan itu adalah malam yang selalu gelap, penerang kehidupan adalah hati manusia, redup atau terang benderang adalah pilihan hidupnya. Berapa panjang tulisan anggota tubuh manusia, dan seberapa pendek umur manusia adalah misteri. Apa yang harus dan tidak ditulis, terserah urusan hati dan tubuh manusia. Teruslah meulis agar mampu di baca sendiri dengan senyum abadi di akhirat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar