Minggu, 02 Januari 2011

CATATAN PANJANG DARI HIDUP YANG PENDEK V

Catatan kembali mengurek-urek alam dengan nafasnya yang tidak lagi sesegar dan sewangi saat pertama kali bernafas. berlomba tanpa ada perlombaan dan berlari meski nafas tidak sanggup lagi di atur, sebab keteraturan butuh keseriusan. sejarah dilaluinya dengan nafas pertama setelah bangun dari tidur dan mimpinya semalam, tidak perlu mencatat seberapa panjang gambar atau air liur keuar, sebab air liur tidak pernah protes, dan tidak pernah masuk sejarah manusia, hanya air liur walet yang masuk sejarah dan di perhitungkan para manusia pemilik modal. Manusia tidak akan lepas dari urusan air, air apapun juga, sebab banyak macam air, dan manusia tercipta dari salah satu air. Dalam tubuh manusia enam puluh persen lebih adalah air, karena air manusia hidup, selain tentunya karena yang maha Hidup.



Seperti air dan organ tubuh yang lain, menjadi sistem yang bagus, maka apabila itu berjalan teratur dan tidak terganggu oleh sesuatu yang tidak cocok maka metabolismenya bertahan lama. Seperti juga sebuah komunitas atau perkumpulan manusia dimanapun itu berada, seiring berjalannya waktu akan banyak persoalan dan sesuatu yang baru, meskipun terkadang sesuatu yang baru itu sejatinya adalah lama. Untuk menggapai mimpi seseorang membutuhkan orang lain, untuk menjadi penguasa ataupun menjadi kaya, dibutuhkan bantuan orang lain, demikian pula untuk menggapai satu tujuan dalam komunitas membutuhkan keseriusan dari orang lain. Di Indonesia ada jutaan lebih jenis komunitas, selain Partai, dan ormas Islam, banyak tumbuh perkumpulan-perkumpulan baik yang resmi tercatat oleh Pemerintah maupun yang tidak tercatat, jumlah yang tidak tercatat ratusan kali lipat.



Memang tidak semua orang mengikuti atau masuk dalam suatu kelompok tertentu, secara signifikan, tetapi disadari maupun tidak dia telah masuk dalam suatu kelompok tertentu dengan atau tanpa mendaftar. Komunitas terkecil di masyarakat adalah keluarga, dari keluarga itulah akan lahir berbagai macam komunitas sesuai keinginan adan apa yang ada dalam benaknya. Berawal dari komunitas kecil inilah perbedaan muncul, begitu juga persamaan, didalam komunitas tersebut ada sesuatu yang berarti yaitu kebersamaan. Perbedaan selalu muncul untuk memperindah catatan hidup, tanpa adanya perbedaan kehidupan seperti sayur tanpa garam, bukan perbedaannya yang senantiasa dipermasalahkan namun mencari persamaan agar jalan hidup menjadi nyaman, aman dan damai, itulah salah satu tujuan kenapa manusia berkomunitas, perbedaan laksana kerikil kecil sedikit tajam saat kita berjalan tanpa alas kaki, bukan mempersalahkan telapak akinya saat ada kerikil terinjak tetapi bagaimana menikmati nikmatnya kerikil dengan senyum dan lega hati, sayang sering terlupakan rasa tajamnya kerikil sebab alas kaki selalu menutupinya.



Seseorang akan di tunjuk dan di percaya orang tergantung beberapa hal diantaranya, karena berbicaranya, karena kepandaiannya, karena tampangnya, dan karena kekayaannya. Biasanya itu yang menjadi ukuran seseorang mempercayai yang lain, saat bersama orang banyak , orang yang mempunyai suara lantang akan sangat diperlukan agar dalam menyampaikan informasi semuanya mendengar, saat ada suatu masalah di dalam komunitas, orang yang sedikit pandai dari yang lain dibutuhkan untuk menyelesaikan masalah, meskipun masalah tidak akan pernah selesai, tetapi sedikit masalah terselesaikan, begitu juga dengan kekayaan dan tampang seseorang, suatu saat pasti berguna, Tuhan menciptakan sesuatu pasti ada manfaatnya, kapan dan dimana terkadang manusia melupakannya. Memang tidak selamanya banyaknya harta akan menyelesaikan masalah manusia begitu juga dengan tampang manusia, terkadang kata-kata mampu menjadi senjata ampuh untuk menyelesaikan masalah.



Dunia selalu dipenuhi masalah dan yang mempermasalahkan adalah manusia, sebab alam tidak pernah mempermasalahkan suatu masalah. Semua manusia diberikan Tuhan akal untuk berfikir. Di dunia ini tidak ada manusia yang tidak mempunyai masalah, berbagai macam cara dilakukan untuk menyelesaikan masalah, untuk menyelesaikan masalah diperlukan orang lain begitu juga adanya masalah karena orang lain. Hidup harus mempunyai masalah, akan hambar catatan hidup manusia tanpa masalah, masalah dibutuhkan manusia selama dia masih berinteraksi dengan manusia yang lainnya. masalah memang perlu, tetapi tidak perlu mencari-cari masalah atau membuat masalah. Masalah seseorang kadang bisa diselesaikan dengan dua orang, namun ada juga yang harus diselesaikan banyak orang. Tidak semua masalah dapat diselesaikan dalam hitungan jam atau hari, ada masalah yang baru bisa diselesaikan setelah bertahun-tahun menjadi masalah. Hidup adalah maslah dan menyelesaikan masalah, sederhananya begitu. membaca, menulis, berbicara, dan apa saja bisa menjadi masalah, biarkan mengalir apa adanya, jangan dipermasalahkan agar tidak menambah masalah, namun tanpa masalah juga jadi masalah, jadi....masalahnya apa ? tanyalah pada hati nurani . Kelemahan manusia selalu mengatakan masalahnya lebih pelik dari masalah orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar