Kamis, 06 Januari 2011

CATATAN PANJANG DARI HIDUP YANG PENDEK X

Sebenarnya tidak ada kebenaran sejati pada kehidupan manusia apalagi di mata hukum, sebab kebenaran setipis kulit ari, dan serapuh daun yang kering. Teriakan akan kebenaran dikumandangkan setiap hari oleh Pengadilan, LSM, dan banyak lagi yang meneriakan, semua berbicara satu yaitu keadilan, sampai ada partai keadilan, meski sampai sekarang belum kelihatan jelas perjuangan keadilannya. Ada lagi Demokrasi, teriak lantang tentang demokrasi lalu banyak Partai berlabel Demokrasi meskipun sesama Partai demokrasi masih saja ada gesekan.



Kebenaran dan keadilan dibutuhkan oleh setiap manusia dimanapun mereka berada. Kebenaran untuk menjalani hidup keadilan untuk bertahan hidup. Memang hidup di alam demokrasi kadang tidak jelas mana yang benar mana yang adil, karena ketidakjelasan itulah carut marut kehidupan Negara setiap hari menghiasi TV, koran dan majalah. Memang tidak pantas saya menulis seperti ini sebab bukan ahlinya.



Catatan hidup manusia, baik lingkungan keluarga, RT sampai Presiden berbeda-beda . Buku sejarah akan penuh dengan catatan yang mungkin dianggap orang lain tidak perlu. Perpindahan seseorang dari satu tempat ketempat lain atau dari pekerjaan satu ke lain kerjaan bisa juga disebut hijrah, kan sama artinya pindah. Setiap hari manusia itu hijrah, dari akan tidur sampai bangun tidur, hijrah alamiah selalu dilakukan setiap manusia, sebab manusia dituntut untuk aktif dan dinamis seiring waktu.



Keinginan manusia sangatlah beraneka ragam, tercapai satu ingin dua dan seterusnya sampai tidak terhingga, itu manusiawi, sebab manusia selalu ingin berubah. Perubahan manusia harus di lakukan beriringan dengan Ibadah jika tidak maka akan merugikan orang lain. maka mulailah berubah dan dimulai dari yang sederhana, misalnya buanglah sampah pada tempatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar