Kamis, 06 Januari 2011

CATATAN PANJANG DARI HIDUP YANG PENDEK IX

Kembali dari kegamangan seperti burung lepas dari sangkar, bebas mengudara kemana ia suka, bebas memakan apa yang dia mau, bebas berkicau dimana dan kapanpun ia suka, beban di pundak seperti lepas melayang mengudara dan menari-nari bersama awan dalam kedamaian alam yang indah tiada tara, keterpasungan jiwa dan jelaga hati tak ada lagi, senyum masam berubah manis semanis madu. Keterbukaan telah merubah arah hidup yang tadinya gelap tanpa arah, kini perlahan cahaya kebahagiaan hari depan terlihat meski baru setitik cahaya, taburan rela dari ungkapan-ungkapan yang menyejukkan hati membuat langkah kaki bertenaga lagi.



Berat memang ketika akan mengucapkan sesuatu yang dirasa berakibat menjauhnya seseorang dari lingkungan yang telah lama terjalin, bukan soal menerima atau terpaksa, namun sedikit keberanian itu yang hilang, lidah kelu untuk mengucap, keringat dingin perlahan datang, dan kepala tiba-tiba terasa gatal. kemungkinan-kemungkinan akibat dari kejujuran dari persembunyian hati dan rasa, yang mungkin tidak seharusnya orang banyak tahu menjadi tahu, dan gejolak untuk secepatnya mengucapkan agar segala beban dan prasangka buruk lenyap dari bising telinga.



Mengaku karena tertuduh adalah sangat menyakitkan, tetapi mengaku demi kebaikan adalah budiman, itulah kebenaran meski pahit harus di ungkapkan agar tidak terjadi salah faham di kemudian hari. Mengawali pasti terasa berat, kata-kata yang sudah tersusun dalam kepala tiba-tiba lenyap seketika, hancur berantakan hanya karena takut akan mengungkapkan. Percayalah apabila sesuatu diawali dengan niat yang baik akan menghasilkan sesuatu yang baik pula. Ketakutan dan kekhawatiran manusia adalah wajar, begitu juga dengan prasangka buruk juga kadang wajar, sebab kadang orang hanya melihat luarya saja.



Menanam kebaikan dan menjaga kehormatan adalah keinginan setiap manusia. maka selalu mencoba berbuat baiklah kepada sesama untuk masa depan yang lebih baik, mari kita mencoba dari sekarang, sebab untuk merubah segala sesuatu dimulai dari diri sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar