Minggu, 09 Januari 2011

KORBAN DAN QURBAN

Korban biasanya menunjukkan orang yang terkena musibah atau sesuatu yang tidak mengenakkan, misalnya korban bencana alam, korban kecelakaan lalu lintas, korban kebakaran, pencurian dan masih banyak lagi yang lainnya.

Korban juga sering di ucapkan untuk hari raya Idul Adha, atau hari raya korban, menyembelih kambing, sapi, kerbau atau unta. Korban adalah ucapan untuk kata Qurban, kata tersebut dari bahasa Arab yaitu Qorib yang artinya dekat. Menyembelih hewan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Peristiwa penyembelihan tersebut dilakukan seorang ayah kepada anaknya karena perintah dari Allah, sang ayah yaitu Nabi Ibrahim disuruh menyembelih anaknya Nabi Ismail yang telah di dambakannya bertahun-tahun, saat golok yang tajam siap menyembelih leher Nabi Ismail tiba-tiba atas ijin dan kekuasaan Allah Nabi Ismail selamat dan yang tersembelih adalah seekor domba. Itulah awal peristiwa korban atau qurban yang sampai saat ini masih berlangsung setiap tahun di bulan Dzulhijah atau bulan Haji pada saat Idul Adha.



Tidak semua hewan bisa untuk Qurban, seperti yang telah di contohkan oleh Nabi Ibrahim adalah domba atau kambing, meskipun ada beberapa hewan ternak lain yang bisa dikorbankan seperti Unta, Sapi, dan Kerbau. Dalam pengucapan Qurban orang lebih suka dengan menyebutnya korban. Apabila kita melihat televisi, membaca surat kabar atau majalah kata korban diperuntukkan bagi yang sedang terkena musibah, begitu juga hewan yang akan disembelih saat Idul Adha disebut hewan korban, makanya sering ada pertanyaan " tahun ini anda korban apa ? dan banyak yang menjawab korban Perasaan.



Kalau Qurban berasal dari bahasa Arab artinya dekat, kalau korban bahasa Indonesia asalnya dari mana ?

Atau mungkin karena orang yang terkena musibah yang disebut korban dan biasanya adalah orang yang sudah meninggal dan meninggal di sebut mendekat kepada Allah, saya kurang tahu.



silahkan anda memberi tahu saya kenapa orang yang meninggal karena suatu bencana atau kecelakaan di sebut korban.

atas kerjasama dan pemberitahuannya saya ucapkan terima kasih.



Wallahu a'lam bis shawab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar